usia 40 tahun itu ISTIMEWA

selamat

beda 5 tahun itu BeDa

kenapa usia 40 (empat puluh) disebut usia yang Istimewa, bukannya sama saja dengan usia-usia yang telah kita lalui tapi ternyata tidak, dalam Al-Qur’an usia 40 mendapat perhatian dari Allah SWT lewat pesannya pada QS Al-Ahqaf ayat 15 yang artinya :

Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama 30 (tiga puluh) bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai 40 (empat puluh) tahun dia berdoa, “Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku, dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sungguh aku bertaubat kepada Engkau, dan sungguh, aku termasuk orang Muslim”.

kemarin saya browsing blog yang membahas rahasia umur 40 tahun, allhamdulillah menemukan sebuah blog yang membahas secara gamblang yaitu blognya saudara Moch Saiful silahkan baca di sini, pada blog ini dibahas secara tuntas daripada saya capek-capek menulis ulang, ini sedikit kutipan yang saya ambil dari blog itu :

Menurut para mufassir, usia 40 tahun merupakan usia dimana manusia mencapai puncak kehidupannya baik dari segi fisik, intelektual, emosional, karya, maupun spiritualnya. Orang yang berusia 40 tahun benar-benar telah meninggalkan usia mudanya dan beralih menapaki usia dewasa penuh. Apa yang dialami pada usia ini sifatnya stabil, mapan, kokoh. Perilaku di usia ini akan menjadi barometer pada langkah usia selanjutnya.

Bagiku usia 40 adalah usia yang membuat aku bahagia dan khawatir. beberapa bulan sebelum waktu itu datang, tidak tahu perasaan hati ini beda banget cenderung kekhawatirannya lebih besar; khawatir aku tidak bisa melaluinya; seperti kita ketahui ada orang baik dipanggil olehNya pada usia 40 (Alm. Jefri Al-Buchori “Uje” dan Alm. Habib Munzir), mereka dipanggil diusia muda (40 tahun) karena tentunya Alloh SWT lebih sayang pada beliau-beliau berdua. Hehehe kenapa aku mesti GR “gede rasa” …. karena aku belum baik seperti mereka, insyaAlloh aku masih diberi panjang umur sehingga aku masih bisa memperbaiki diri dari kedzaliman-kedzaliman pada diriku sendiri; terus terang aku masih ingin bersama-sama orang-orang tercintaku; emak-ku, istriku, saudara-saudaraka “mas eko, mbak pri, mas hendra, mbak Sus, Mbah Umi, mas Arifin, diki Mein, Riko, Rangga, Pradipta, Danis, Pak Yon, Bulik Tilam, Pak Poh Adi, Pak Poh Trimo dll-nya.; aku masih ingin mendoakan kebaikan untuk mereka; aku masih ingin berbuat baik untuk mereka khususnya Emak dan Istriku dan lain-lainnya semampuku; aku masih ingin mengirim doa untuk Almarhum Bapakku Alm. Bapak Loso Soeprijono Bin Karsonadi, Alm. Bapak Suhadiyono Bin Hadi Suwigyno (Bapak Mertuaku), Alm. Bapak Himawan Sutanto Bin Muhammad Mangoendiprodjo (Bapak Angkatku dan Bosku), Alm. Bapak Sundoro Syamsuri (Bapak Angkatku dan Bosku), Almarhumah Mbah Kaliyem “dhok’e” Ibunya Emakku), Almarhumah Mbah Kobinah, Almarhumah Mbah Kobirah, Almarhum Mbak Karsonadi (Bapaknya Bapakku), Almarhumah Mbak Tandur (Ibunya Bapakku), Almarhumah Mbah Mariyam (Neneknya Istriku), dll-nya. Aku masih ingin membimbing istriku; menjadi tauladan bagi istriku; aku masih ingin bersamanya dan merubahnya agar istriku dekat dengan Alloh melaksanakan kewajiban dengan tertib; saling mengingatkan dalam kebaikan dan masih banyak lagi keinginan-keinginan itu.

Allhamdulillah ini hari pertama di usia 40 tahun, allhamdulillah ya Alloh aku masih diberi umur panjang, panjangkan umurku minimal seperti umurnya Rasulullah SAW biar aku bisa memperbaiki diriku ya Alloh, biar aku masih bisa bersama-sama orang terkasih, terbaik dan tersayang, jangan cabut nyawaku sebelum aku merasa cukup mempersiapkan bekal untuk hidup abadi di sana (akherat); berilah aku kekuatan dalam hati dan jiwaku untuk berpihak kepada kebaikan; ringan melaksakan perintahMu “SHOLAT 5 WAKTU” dan sholat2 sunah lainnya; bermuamalah dengan sesama dengan baik. Aku tidak sebaik Alm. Uje dan Alm. Habib Munzir tapi aku pingin punya kekuatan tekad ibadahnya seperti mereka.

pada usiaku yg ke 40 ini disamping doa di atas kutambahi mohon dikuatkan iman dan islam, diberi kenikmatan beribadah, semoga aku diberi kekuatan untuk hijrah pada kebaikan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s