cerita PPIH-ku 1431 H/2010 M

10 Oktober 2010   Allhamdulillah jam 22.35 waktu KSA rombongan PPIH kloter 1 sektor Mekkah sampai di Bandara King Abdul Aziz setelah menempuh perjalanan kurang lebih 9 jam dari tanah air (bandara sukarno-hatta) take of jam 17.55 menit waktu Indonesia bagian barat.  Selama dalam penerbangan  cukup nyaman bagi saya, walaupun menggunakan pesawat garuda kelas ekonomi yang semua tempat duduknya sempit. Allhamdulillah saya mendapat tempat duduk (seat 50 K) dekat pintu darurat sehingga kaki bisa diselonjorkan.Gambar

Ketika belum lama duduk kami disamperi pramugari yang memberi tahu jika nanti pesawat dalam keadaan darurat kami diminta bantuannya menarik tuas pada pintu darurat tersebut. Ini adalah pengalaman ke lima (5) saya naik pesawat, sebelumnya pertama kali naik ketika mengikuti Jamboree Asia Pacifiq Regional (APR) di Mt. Makiling Los Banos, Philippines dengan rute (1) dari Bandara Sukarno – Hatta, transit dulu ke Malaysia, selanjutnya dari Malaysia ke Philippinas (2), begitu pulangnya dari Philippines ke Malaysia (3) dan dari Malaysia ke Indonesi (4).

Pada penerbangan kali ini saya ada rasa khawatir jika nanti terjadi sesuatu mengingat waktu di pesawat adalah 9 jam. Selama dalam perjalanan saya tidak bisa tidur apalagi sepertinya cuaca di luar tidak begitu bersahabat, memang saya tidak bisa melihat, kondisi tersebut dipertegas ketika ada instruksi dari pramugari supaya memakai sealt beld dan pesawat bergetar, kadang-kadang turun naik, yang saya bisa lakukan adalah berdoa supaya pesawat bisa melewati kondisi ini, istighfar….istighfar…istighfar…..yang hanya bisa kami lakukan dan pasrah, allhamdulillah pesawat dapat melewati kondisi tersebut.

Pesawat akhirnya mendarat di terminal King Abdul Aziz dengan selamat, kita semua turun selanjutnya diminta menunggu di terminal tersebut, ngga tahu kenapa lama sekali, terminal begitu dingin menyebabkan perut terasa lapar karena kami tidak boleh bawa makanan. Akhirnya ada instruksi kita harus keluar bandara, menurut informasi bandara tempat kita turun seharusnya bukan di sini tapi tempat menurunkan jamaah haji, akhirnya kita keluar tapi sebelumnya sama petugas bandara kita harus lepas sepatu dan ikat pinggang ketika melewati pintu detector. Para petugas keluar langsung masuk kendaraan semacam bus bandara menuju ke terminal yang seharusnya kita masuk.

IMGP0170

Sampailah kami di terminal yang seharusnya kita turun, selanjutnya antri memasuki dan proses imigrasi…baris berderet…panjang sekali, proses imigrasi juga cukup lama, ngga tahu kenapa petugas imigrasi yang umumnya masih muda terlihat sedikit kacau, bisa juga karena alat pendukungnya yang mungkin bermasalah. Dari sidik jari sampai foto retina mata, akhirnya pintu utama selesai selanjutnya antri lagi menuju tempat pengambilan koper, sebelum masuk dicek surat2nya, setelah selesai ambil kopor di stempel sama petugas selanjutnya menuju keluar dicek lagi sama petugas trus distempel lagi.

IMGP0205

Proses dari imigrasi sampai menuju ke peristirahatan untuk mandi, ganti kain ihram, sholat sunnah dan sholat subuh kurang lebih 2 jam. Setelah selesai niat umroh, rombongan PPIH berkumpul menuju ke bus sapco yang telah disiapkan oleh panitia selanjutnya kami menaiki bus tersebut dan beriringan bus berangkat menuju Masjidil Harram (mekkah). Dalam perjalanan, talbiah dipimpin oleh PPIH dari Kementerian Agama (pak….) sambil melafalkan talbiah :

Labbaik allahumma labbaik….. Labbaik kallaa syariikala labbaik…. Innal hamda waniqmata laka walmulka laa syarii kala….

Artinya : Aku datang memenuhi panggilanMu ya Allah, aku datang memenuhi panggilanMu, aku datang memenuhi panggilanMu tidak ada sekutu bagiMu, aku datang memenuhi panggilanMu. Sesungguhnya segala puji, kemuliaan dan segenap kekuasaan adalah milikMu, tidak ada sekutu bagiMu.

Dalam hati masih merasa tidak percaya, ini benar-benar perjalanan ke tanah haram, subhanallah terima kasih ya Alloh. Kanan-kiri jalan kulalui terlihat bukit-bukit gunung batu. Pemandangan yang belum biasa di temui di tanah air, subhanallah…. Dalam perjalanan aku ingat sama Emak-ku dan ada perasaan sedih dihati, sedih karena aku sangat berdosa karena melihat kehidupan Emak-ku yang diusianya yang senja, beliau masih bekerja untuk memenuhi kehidupannya sendiri. Ketika masih kecil hingga sekarang untuk mencukupi kebutuhannya sendiri, hal tersebut dikarenakan kami anak-anaknya belum bisa total mencukupi kebutuhannya.

Allhamdulillah setelah menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam, rombongan tiba di Makkah pos I, kami semua turun selanjutnya mencari koper masing-masing yang selanjutnya dikumpulkan menurut sektor masing-masing. Setelah selesai mengumpulkan koper sambil menunggu informasi selanjutnya kami makan roti dan minum air mineral dari sodaqoh warga mekkah, subhanallah…. terima kasih sambutan warga makkah begitu ramah.

IMGP0215

Selanjutnya rombongan dibawa ke hotel untuk sarapan bersama, sarapan menu ala Indonesia dengan menu nasi putih + telor dicabein + mie. Setelah selesai makan dan ambil wudhu selanjutnya secara bergiliran rombongan diangkut pakai mobil colt ke Masjidil Harram untuk melaksanakan umroh. Seperti ketika di tanah air, pondok gede tepatnya, kami mengikuti pak wahid hasyim sebagai pimpinan PPIH sektor saya. Kendaraan ngedrop kami lewat pintu bawah, selanjutnya kita harus naik ekskalator baru tiba di halaman Masjidil Haram, Pak Wahid Hasyim yang sudah punya pengalaman berhaji membimbing kami, kemudian masuk ke masjidil haram, saya melihat penjaga pintu masjidil haram kumisan, pakai sorban hitam, duduk dan beberapa petugas lain mengecek bawaan kami.

Sesampainya di dalam masjidil haram, subhanallah indah sekali bangunannya, selanjutnya pak wahid memberitahu kami untuk berhenti sebentar, ayo silahkan minum air zam-zam dulu, sebelum minum saya mencari buku saku cari bacaan doa minum air zam-zam, subhanallah segarnya…. seperti air es.

IMGP0223

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s