TEMAN

menurut saya definisi arti kata “TEMAN” itu adalah “BAIK”Aku_12

siapa sih yang ngga butuh teman…
hanya orang SOMBONG yg tidak mau berteman….

pertemanan jangan pilih-pilih, baik yang sudah ketahuan baik akhlaqnya maupun yang kurang baik, tapi jika takut terbawa dalam kejelekan teman hindarilah tapi klo merasa mampu tidak terbawa dalam kejelekan lakukanlah… itu hanya bisa dilakukan oleh orang yang punya kemampuan.

jika teman butuh tempat curhat, dengarkan….
curhat tidak mesti CURHAT-an punya masalah….kadang-kadang seseorang hanya ingin share atas suatu peristiwa yang ditemui hari ini, di rumah, dengan anak, istri, tetangga atau kejadian selama dalam perjalanan…. hanya share beli sesuatu, ketemu perempuan yang cantik,… semoga curhatan jadi obrolan yang sia-sia juga, akhirnya ngerumpi dan ngomongi orang. (kadang2 saya pun belum bisa ngerem klo sudah begitu.. hehehe, astaghfirullah hal adzim), semoga makin ke sini semakin bisa mengurangi, Aamiin… Jika teman curhat tentang masalah ya dengarkan saja, jika dimintai pendapat ya kasih pendapat yang baik tapi klo tidak minta pendapat ya tutup dengan kata-kata yang menyejukan bukan menyalahkannya. dan yang lebih penting lagi jangan men-share permasalah teman tadi ke teman yang lainnya.

karena “pertemanan” sering kita “men-tolelir” kesalahan yang dilakukan teman, jika kita berniat menjadi kita teman baik seharusnya kalau ada teman yang berbuat kurang/tidak benar, ingatkan….dengan cara yang layaknya pertemanan….dengan cara yang baik….dengan tutur kata yang baik… tidak menggurui…. tidak merasa sok paling benar…. tidak merasa sok paling bersih… dan semua kembalikan lagi padanya…

jika diikuti, Allhamdulillah…
jika diabaikan, suatu hari coba ingatkan lagi…
jika sudah berkali-kali diingatkan tetap mengabaikan
doa – kanlah

minimal sudah mengingatkan….
BUKAN menjerumuskannya….
itulah sebaik-baiknya…
pertemanan…

PERTEMANAN DALAM KEBAIKAN…

03|02|2015 (dingin luar dalam… di luar mendung di dalam ber-AC, laper pula).

Iklan

mungkin ini cara Alloh SWT agar “aku mengurangi eksis di medsos”

tanggal 24|01|2015 pukul : 3:09 AM dapat sms peringatan dari 3636 isinya : Paket Tsel Flash akan berakhir tgl 26/01/2015. Akan diperpanjang dengan 1 GB & tambahan 1GB di 3G utk 30 hari dengan harga sesuai lokasi anda. Utk berhenti berlangganan ketik FLASH OFF ke 3636. info zona dan detail tariff lihat di Tsel.me/internet.

tanggal 25|01|2015 dapat sms peringatan serupa dari 3636 : pukul 3:38 AM  : Paket Tsel Flash akan berakhir tgl 26/01/2015. Akan diperpanjang dengan 1 GB & tambahan 1GB di 3G utk 30 hari dengan harga 75000 dpt berubah sesuai lokasi anda. Pastikan pulsa anda mencukupi. Utk berhenti berlangganan ketik FLASH OFF ke 3636. info zona dan detail tariff lihat di Tsel.me/internet. ; pukul 3:39 AM : Anda akan mendapatkan TAMBAHAN Quota 500 MB jika tetap berlangganan.SKB

tanggal 26|01|2015 pukul 6:16 PM dan pukul 10:14 PM dapat sms peringatan serupa dari 3636 seperti tanggal 25|01|2015 dan masih pukul 10:14 PM dapat sms isinya : Anda akan mendapatkan TAMBAHAN Quota 500 MB jika tetap berlangganan.SKB

Tanggal 26|01|2015 pagi saya pesan ke Kak Supadi yang jualan pulsa minta diisiin 100.000, pesan pagi dan baru masuk sore kurang lebih jam : 17.00 an, allhamdulillah aman dah nanti saat perpanjang paket flash secara otomatis (seperti kata salah satu CS Grapari yang ada Gandaria City bulan lalu saat ada masalah dengan paket flash juga).

Sebelum tidur saya cek pulsa sekali lagi dan pulsa masih 99.000 an, seperti biasanya pagi sekitar jam 05.00 aku bangun terus cek hp, terlihat ada beberapa sms yang masuk tapi yang bikin kaget adalah : tanggal 27|0|2015 pukul : 12.11 AM dapat sms dari 3636 yang isinya : “Selamat datang di internet Telkomsel, Anda dpt tetap melanjutkan dg tarif normal atau beli paket internet hemat di *363# atau klik link http://tsel.me/fa selanjutnya pukul :12:11 AM “Layanan Flash Anda telah dinonaktifkan secara otomatis karena pulsa Anda tidak cukup untuk melakukan perpanjangan paket. Silahkan isi ulang pulsa Anda dan masih pukul 12:11 AM ” Pulsa anda tidak mencukupi untuk pembelian paket data. Silahkan isi ulang pulsa anda dan nikmati internetan dengan paket data Telkomsel di *363#.

habis baca itu, sayang langsung pencet *888# dan benar pulsa saya Rp.0,-,  ya ampun yang 99.000 an kemarin saat aku cek sebelum tidur larinya ke mana, secara logika jika paket yang saya pakai seharga 75.000 dan pulsa saya sebelum saya tidur berjumlah 99.000 an maka akan ada sisanya…. kesel sih engga cuma ngga habis pikir, salah saya di mananya….

ya setiap kejadian akan jadi pengalaman dan itu mungkin cara Alloh SWT mengingatkan ke diri saya agar jangan sering-sering eksis…. ambil positifnya, niat hari ini mau ke Grapari yang ada di Gandaria City hanya ingin sharing kenapa hal tersebut bisa terjadi dan apa yang saya lakukan ada yang salah.

sms terakhir via LINE dg Alm. Mas Budi Prasodjo (dalam kenangan)

sms via LINE terakhir dengan almarhum mas budi prasodjo masih di bulan desember tepatnya tanggal 26  : “Assalamualaikum, mas apa kabar ? Gimana kondisinya ? Dan sudah pulang apa belom ?” selang beberapa hari saat aku, istriku dan ji Ahyani menengok almarhum ketika masih dirawat di RSCM. waktu itu saat ngobrol dengannya alhamdulillah kondisinya membaik, masih bisa becanda dan sedikit ketawa dengan senyum dan tawa khasnya dia. tanggal 29 Desember 2014 mendapat balasan sms dari almarhum menceritakan kondisinya : “Plg dr rscm tgl 17 tp terus pindah ke budhi asih & tgl 20 plg kermh, tp skrng kan msh hrs kontrol di rscm, minta doa aja Ji mksh”. seminggu sebelum Alm. Mas Budi dipanggil keharibaanNya, memang sempat dengar kabar almarhum dirawat lagi di RSCM dengan tambahan kondisinya yg semakin  tidak baik. di ruanganku yang sempet menjenguk adalah Kak Desi Ampriani, karena waktu yang lalu saat ingin sama-sama menjenguk denganku, beliau ngga jadi. dapat cerita dari Kak Desi, kondisi Almarhum semakin tidak baik. sempat kak rokayah ajak kami-kami menengok, namun karena kesibukan kami sampai dapat berita duka sms dari Ji Ahyani niat menengok beliau sudah terlambat. di mataku almarhum orangnya baik, beberapa tahun yang lalu saya dengan almarhum pernah sama-sama cari rumah di daerah Bojong Gede, mengendarai motor. Mas Budi orangnya halus baik dalam bertutur kata maupun tindakannya. Allhamdulillah tahun 2013 yang lalu, almarhum mendapatkan kesempatan menjadi salah satu Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dari Gerakan Pramuka. Masih teringat saat almarhum tanya bawa kain ihramnya satu atau dua pasang, belinya di daerah mana. “Cak” itulah panggilan almarhum ke kami saat berkomunikasi dengannya dan panggilan itu berubah dari “cak” menjadi “pak haji gimana kabarnya…..” setelah kami duluan menjadi PPIH. Sabtu, 24 Januari pukul 17.49 sms via LINE masuk ternyata sms dg account Alm. Mas Budi Prasodjo (mungkin istri beliau) mengabarkan : “Assalamualaikum pak maaf pak budi prasodjo telah berpulang kerahmatullah, mohon doanya supaya amal ibadahnya diterima disisi Allah Maha Esa terimakasih Wassalam”. untuk teman-temanku dengan kerendahan hati saya mohon doanya semoga Alm. Mas Budi Prasodjo diampuni segala kekhilafannya, diterima amal ibadahnya, dilapangkan kuburnya, diterangkan kuburnya, dihindarkan dari siksa kubur serta keluarga yang ditinggalkan (istri dan 2 putranya) diberi kesabaran, Aamiin…..

balasan sms dari Alm. menceritakan kondisinya

balasan sms dari Alm. menceritakan kondisinya

Allhamdulillah bisa mengantarkan sampean (mas budi) ke peristirahatanmu Selamat Jalan Mas...

Allhamdulillah bisa mengantarkan sampean (mas budi) ke peristirahatanmu
Selamat Jalan Mas…

Semoga dilapangkan kuburnya, diterangkan kuburnya, mendapat tempat tempat terbaik disisiNya, Aamiin...

Semoga dilapangkan kuburnya, diterangkan kuburnya, mendapat tempat tempat terbaik disisiNya, Aamiin…

balasan sms via LINE dari hp Alm. Mas Budi ternyata dari Istrinya

balasan sms via LINE dari hp Alm. Mas Budi ternyata dari Istrinya

Alh. Budi Prasodjo dg Seragam PPIH - nya

Alh. Budi Prasodjo dg Seragam PPIH – nya

ya udahlah, kesel, sebel, empetpun tiada guna

beberapa hari ini saya jengkel banget dengan kebijakan pengalihan kendaraan bermotor tidak boleh melintasi jl. thamrin… siapa lagi yang buat atiku anyel… pak ahok…. ya…. pak ahok, siapa lagi karena kebijakan itu keluar dari perintahnya hanya dikarenakan banyak terjadi kecelakaan “katanya” yang pernah kudengar di TV beberapa waktu lalu.

sejak tanggal 17 desember 2014 yang lalu aku mulai mencari jalur alternatif untuk sampai ke kantor yang letaknya di Medan Merdeka Timur, akhirnya rute berangkat kerja: arteri pondok indah (gandaria city) lurus – simprug – lewat jl layang belok kiri – manggala wanabakti – slipi – karet – arah saharjo – halte busway pertama belok kiri – nyeberang jeplakan sepur – masjid sunda kelapa – belok kiri nyebrang bangjo (jl. diponegoro) – taman surapati – menteng (rumah bu megawati) – tugu tani – merdeka timur. rute pulang : merdeka timur – depan istana pak jokowi – jl. abdul muis – pasar tanah abang – karet – penjernihan – manggala wana bakti – simprug – gandaria city – belok kanan sampai deh.

kondisi trafict normal saja macet, apalagi hujan jadi BANGETS macetnya. pokoknya klo sudah dalam kondisi seperti itu yang ada dipikiranku AHOK = MACET. lama-lama capek hati btw ya sudahlah..

usia 40 tahun itu ISTIMEWA

selamat

beda 5 tahun itu BeDa

kenapa usia 40 (empat puluh) disebut usia yang Istimewa, bukannya sama saja dengan usia-usia yang telah kita lalui tapi ternyata tidak, dalam Al-Qur’an usia 40 mendapat perhatian dari Allah SWT lewat pesannya pada QS Al-Ahqaf ayat 15 yang artinya :

Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama 30 (tiga puluh) bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai 40 (empat puluh) tahun dia berdoa, “Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku, dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sungguh aku bertaubat kepada Engkau, dan sungguh, aku termasuk orang Muslim”.

kemarin saya browsing blog yang membahas rahasia umur 40 tahun, allhamdulillah menemukan sebuah blog yang membahas secara gamblang yaitu blognya saudara Moch Saiful silahkan baca di sini, pada blog ini dibahas secara tuntas daripada saya capek-capek menulis ulang, ini sedikit kutipan yang saya ambil dari blog itu :

Menurut para mufassir, usia 40 tahun merupakan usia dimana manusia mencapai puncak kehidupannya baik dari segi fisik, intelektual, emosional, karya, maupun spiritualnya. Orang yang berusia 40 tahun benar-benar telah meninggalkan usia mudanya dan beralih menapaki usia dewasa penuh. Apa yang dialami pada usia ini sifatnya stabil, mapan, kokoh. Perilaku di usia ini akan menjadi barometer pada langkah usia selanjutnya.

Bagiku usia 40 adalah usia yang membuat aku bahagia dan khawatir. beberapa bulan sebelum waktu itu datang, tidak tahu perasaan hati ini beda banget cenderung kekhawatirannya lebih besar; khawatir aku tidak bisa melaluinya; seperti kita ketahui ada orang baik dipanggil olehNya pada usia 40 (Alm. Jefri Al-Buchori “Uje” dan Alm. Habib Munzir), mereka dipanggil diusia muda (40 tahun) karena tentunya Alloh SWT lebih sayang pada beliau-beliau berdua. Hehehe kenapa aku mesti GR “gede rasa” …. karena aku belum baik seperti mereka, insyaAlloh aku masih diberi panjang umur sehingga aku masih bisa memperbaiki diri dari kedzaliman-kedzaliman pada diriku sendiri; terus terang aku masih ingin bersama-sama orang-orang tercintaku; emak-ku, istriku, saudara-saudaraka “mas eko, mbak pri, mas hendra, mbak Sus, Mbah Umi, mas Arifin, diki Mein, Riko, Rangga, Pradipta, Danis, Pak Yon, Bulik Tilam, Pak Poh Adi, Pak Poh Trimo dll-nya.; aku masih ingin mendoakan kebaikan untuk mereka; aku masih ingin berbuat baik untuk mereka khususnya Emak dan Istriku dan lain-lainnya semampuku; aku masih ingin mengirim doa untuk Almarhum Bapakku Alm. Bapak Loso Soeprijono Bin Karsonadi, Alm. Bapak Suhadiyono Bin Hadi Suwigyno (Bapak Mertuaku), Alm. Bapak Himawan Sutanto Bin Muhammad Mangoendiprodjo (Bapak Angkatku dan Bosku), Alm. Bapak Sundoro Syamsuri (Bapak Angkatku dan Bosku), Almarhumah Mbah Kaliyem “dhok’e” Ibunya Emakku), Almarhumah Mbah Kobinah, Almarhumah Mbah Kobirah, Almarhum Mbak Karsonadi (Bapaknya Bapakku), Almarhumah Mbak Tandur (Ibunya Bapakku), Almarhumah Mbah Mariyam (Neneknya Istriku), dll-nya. Aku masih ingin membimbing istriku; menjadi tauladan bagi istriku; aku masih ingin bersamanya dan merubahnya agar istriku dekat dengan Alloh melaksanakan kewajiban dengan tertib; saling mengingatkan dalam kebaikan dan masih banyak lagi keinginan-keinginan itu.

Allhamdulillah ini hari pertama di usia 40 tahun, allhamdulillah ya Alloh aku masih diberi umur panjang, panjangkan umurku minimal seperti umurnya Rasulullah SAW biar aku bisa memperbaiki diriku ya Alloh, biar aku masih bisa bersama-sama orang terkasih, terbaik dan tersayang, jangan cabut nyawaku sebelum aku merasa cukup mempersiapkan bekal untuk hidup abadi di sana (akherat); berilah aku kekuatan dalam hati dan jiwaku untuk berpihak kepada kebaikan; ringan melaksakan perintahMu “SHOLAT 5 WAKTU” dan sholat2 sunah lainnya; bermuamalah dengan sesama dengan baik. Aku tidak sebaik Alm. Uje dan Alm. Habib Munzir tapi aku pingin punya kekuatan tekad ibadahnya seperti mereka.

pada usiaku yg ke 40 ini disamping doa di atas kutambahi mohon dikuatkan iman dan islam, diberi kenikmatan beribadah, semoga aku diberi kekuatan untuk hijrah pada kebaikan.

100 Rahmat Alloh SWT

Bissmillahirrahmanirrahim…..

Allahumma shali ala sayidina Muhammad, wa’ala ali sayidina Muhammad

Rahmat Alloh SWT itu sebenarnya ada 100, tapi yang diturunkan kepada makhluknya yang ada di dunia ini hanya 1 sementara yang 99 ditahan dan akan diberikan nanti di akherat setelah kiamat kepada hamba-hamba Alloh yang ber-amal sholeh.

Rahmat Alloh yang satu ini diberikan kepada seluruh makhluknya baik yang ber-agama maupun yang tidak ber-agama-pun semuanya dapat. Bayangkan, 1 rahmat saja sudah sedemikian rupa nikmatnya bagaimana kita mendapatkan 100 rahmat, subhanallah….

Rahmat Alloh diberikan kepada makhluknya yang tidak melakukan perbuatan musrik (menyembah kepada selain Alloh), mengakui kebenaran Nabi Muhammad SAW sebagai Rasul Alloh dan membayar zakat.

Untuk mendapat rahmat Alloh dengan mendekatkan diri sedekat-dekatnya kepada Alloh salah satu cara diantaranya melaksanakan ibadah dengan sebenar-benarnya (melakukan sholat dipagi hari (dhuha) dan malam hari (tahajud) semampunya), dan menjauhi segala larangannya.

Semoga kita termasuk golongan manusia yang mendapat 100 rahmat Alloh SWT di akherat kelak, Aamiin. (dapat dari ngaji semalam di mushola Darussalam 30|12|2014)

Allhamdulillah, sebentar lagi akan tutup tahun, ikut bersuka ria jelang pergantian tahun boleh asala jangan berlebihan dan sebaik-baik tindakan yang dilakukan menjelang tutup tahun adalah dengan ber-MUHASABAH – diri. Semoga tahun depan lebih baik dari tahun-tahun yang telah lalu, baik dalam ilmu, ber-mualah, amal, iman dan taqwa, Aamiin….